MEMPERINGATI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA, INI YANG DILAKUKAN SEJUMLAH RT DI BONTANG BARU

  • Aug 04, 2024
  • Muhammad Fadhil

MERDEKA! 

MERDEKA!

MERDEKA!

Pekikan ini yang sering didengar oleh semua warga negara indonesia ketika bulan Agustus datang. bukan tanpa sebab, setiap bulan Agustus semua masyarakat berlomba-lomba menghias, bekerja bakti, hingga mengadakan lomba di setiap lingkungan rumah maupun kantor mereka. Semua lapisan masyarakat dari Kalangan orang tua hingga anak-anak pun menyambut riang gembira ketika bulan Agustus tiba. 

Fenomena 17 Agustus merupakan hal-yang ditunggu-tunggu oleh semua lapisan masyarakat tidak terkecuali kelurah Bontang Baru. Di lingkungan Bontang Baru pun mulai dari tingkat Kelurahan hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) pun mulai bersiap-siap untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Diketahui sejumlah RT di Kelurahan Bontang Baru sudah memulai kerja bakti serentak di wilayahnya masing-masing. Salah satu yang melaksanakan kerja bakti serentak yakni RT 21 Bontang Baru sudah memulai pada hari Minggu (4/10). Ketua Panitia 17 Agustus sekaligus Ketua RT 21 Bontang Baru, Samsul Hadi Menjelaskan acara tahun ini dilakukan lebih cepat dikarenakan jadwal acara di lakukan pada saat akhir pekan dan tidak adanya tanggal merah di hari kerja. Samsul Hadi pun menjelaskan setelah kerja bakti, lomba untuk anak-anak pun langsung di adakan agar semua lomba bisa dijalankan.

"Nantinya akan banyak agenda yang dilakukan sampai tanggal puncaknya 25 Agustus 2024. untuk tanggal 10-11 Agustus akan ada lomba untuk ibu-ibu, 17 Agustus pagi upacara bendera, malamnya dilanjut dengan lomba karoke, dan puncaknya tanggal 25 Agustus dilaksanakan jalan sehat, lomba gerak jalan dan pengumuman lomba." jelas Samsul Hadi. momen ini juga untuk mengeratkah jalinan silatuhrahmi antar warga RT 21 Bontang Baru pungkasnya. 

Sementara di waktu yang bersamaan, wilayah RT 17, 18 Bontang Baru yang wilayahnya masuk kedalam Kampung Jawa juga melaksanakan kerja bakti. Sugiarto ketua RT 18 Bontang Baru menjelaskan, kerja bakti yang diadakan serentak ini tidak hanya sebagai persiapan acara 17 Agustusan tapi juga kegiatan rutin bulanan warga RT 18 Bontang Baru. “Untuk Tahun ini warga RT. 18 tidak membuat acara lomba 17 Agustusan, namun kami hanya mengadakan Doa Bersama di lapangan warga RT. 18. Sekalian kami juga memperbaiki jalanan yang lama rusak. Alhamdulillah ada sisa pembangunan parit yang dibangun oleh kelurahan ditambah dari dana swadaya masyarakat jalanan ini kami perbaiki. Semoga bisa bagus Kembali jalanannya karena banyak juga anak-anak dan lansia yang terjatuh karena terlalu miring.” Ungkap Sugiarto.

Dihubungi secara terpisah, Budi Ketua RT. 17 Bontang Baru mengemukakan bahwa kerja bakti ini juga selain kegiatan rutin warga, juga sebagai persiapan kegiatan 17 Agustus. Budi menjelaskan, setiap tahun warga RT. 17 Bontang Baru melaksanakan kegiatan lomba dan jalan sehat untuk memeriahkan agenda 17 Agustus. Namun untuk tahun ini warga hanya ingin mengadakan syukuran pada malam 17 Agustus 2024. “ Untuk tahun ini hanya syukuran saja, soalnya warga di RT. 17 Bontang Baru kebanyakan pensiunan dan pekerja. Klo untuk anak kecil bisa hitung jari lah. Jadi kurang menarik klo diadakan lomba di wilayah RT. 17” pungkas Budi.

Kegiatan Kerja Bakti Serentak ini tidak hanya sebagai mempersiapkan momen memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia tapi juga sebagai kegiatan rutin warga dan Kelurahan Bontang Baru juga mengadakan Lomba Kebersihan Antar RT dengan total hadiah 15 juta rupiah ditambah Bimbingan Teknis.

Redaksi : Muhammad Fadhil